Uncategorized

Ponpes Al Amin sukses melaksanakan Assesmen Nasional tahun 2022

Pelaksanaan Assesmen Nasional

Tiga lembaga di bawah pondok pesantren Al Amin Kapuas yaitu Madrasah Aliyah Al Amin, SMK Al Amin, dan Madrasah Tsanawiyah Al Amin sukses melaksanakan Assesmen Nasional tahun 2022 tanpa kendala yang berarti. Pada tahun ini Assesmen Nasional dimulai dari jenjang MA/SMK dengan didahului Gladi bersih pada tanggal 22-25 Agustus 2022 serta pelaksanaan Assesmen Nasional pada tanggal 29 Agustus 2022 sampai tanggal 1 September 2022. Selanjutnya jenjang MTS Al Amin melaksanakan Assesmen Nasional yang di dahului Gladi bersih pada tanggal 12 dan 13 September 2022. dilanjutkan dengan Pelaksanaan Assesmen Nasional pada tanggal 19 dan 20 September 2022. Dengan menggunakan Moda Semi Online, siswa yang mengikuti Assesmen Nasional merupakan siswa kelas 8 pada jenjang MTS serta siswa kelas 11 pada jenjang MA/SMK.

Kepala Madrasah Aliyah ustadz Widodo Evendi, S.Pd.I memantau kegiatan Assesmen Nasional

Asesmen nasional adalah pemetaan mutu pendidikan untuk seluruh sekolah. Program asesmen nasional terdiri dari input, proses, dan hasil. Tujuan utama program asesmen nasional ini untuk perbaikan mutu dan hasil belajar peserta didik. Selain itu asesmen nasional penting untuk pengembangan pembelajaran dan mengurangi kesenjangan sistem pendidikan. Tujuan lain dari asesmen nasional untuk pengembangan karakter dan kompetensi siswa.

Ada 3 bagian Asesmen Nasional yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Asesmen Kompetensi Minimum terdiri dari dua bagian yaitu Bagian Literasi dan Numerasi. Adapun Guru serta tenaga Kependidikan juga terlibat dalam pelaksanaan Asesmen Nasional ini dengan mengisi Survei Lingkungan Belajar. sehingga sebagian besar Stakeholder di sekolah terlibat dalam pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s