Menuntut Ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim, namun apakah setiap muslim wajib mempelajari seluruh cabang ilmu agama?, dalam penjelasannya ustadz Suryani Jiddy, Lc mengatakan “bahwa pada asalnya seorang muslim wajib mempelajari ilmu agama, namun tidak semua ilmu agama wajib dipelajari, hanya beberapa ilmu agama yang menyangkut tentang aqidah, serta ilmu yang berkaitan dengan keseharian seperti ibadah maupun muamalah”. Namun bagi seorang pendakwah maka dia wajib untuk menguasai ilmu yang akan dia sampaikan. lalu pertanyaannya apakah dakwah juga wajib bagi setiap muslim? ustadz Suryani Jiddy, Lc menjelaskan bahwa kewajiban dakwah tidak dibebankan kepada setiap muslim namun apabila ada segolongan orang yang telah berdakwah maka gugur kewajiban tersebut dari yang lainnya, ada juga pendapat lainnya apabila kemungkaran lebih banyak maka dakwah menjadi kewajiban setiap muslim, namun apabila kemungkaran lebih sedikit maka kewajiban dakwah hanya untuk sebagian muslim.

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh seluruh guru lembaga yang ada di pondok pesantren Al Amin seperti Madrasah Tsanawiyah Al Amin, Madrasah Aliyah Al Amin, dan SMK Al Amin. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan setiap pekan pada hari Selasa dari jam 07.15 sampai 11.15 selama enam kali pertemuan. pada pembekalan kali ini kegiatan dilaksanakan di ruang kelas SMK Al Amin lantai dua.

Kegiatan ini bertujuan untuk tarbiyah serta pembekalan tentang dasar kependidikan dan dakwah dalam Islam, sehingga dapat mencapai satu pemahaman bagi guru-guru di pondok pesantren Al Amin Kapuas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s