Hari santri tahun 2020 kembali diperingati oleh warga pondok pesantren Al Amin baik dari pimpinan, ustadz-ustadz, serta para santri. Dengan menggunakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, rangkaian peringatan hari santri 2020 dimulai dengan mengadakan upacara bendera, dipimpin oleh inspektur upacara pimpinan pondok pesantren Al Amin ustadz Suryani Jiddy, Lc serta komandan upacara saudara Izlan. upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih dengan petugas pengibar bendera, saudara Muhammad Fauzi, Muhamad Atiq Adani, dan Bayu Andrean. selanjutnya seluruh peserta upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Hari Santri Nasional. selanjutnya penyampaian amanat oleh Inspektur Upacara, dalam amanatnya, ustadz Suryani Jiddy, Lc menekankan bahwa hari santri diperingati untuk mengenang perjuangan para santri dalam melawan penjajah yang dipimpin dan digelorakan oleh para ulama, sehingga kita sebagai generasi muda santri harus selalu meneladani semangat perjuangan para santri terdahulu dalam mengusir penjajah dari Tanah Air. selanjutnya upacara ditutup dengan pembacaan doa yang di pandu oleh saudara Yusep Ahmad.

Setelah mengadakan upacara, para ustadz dan santri bergegas menuju ke masjid untuk mengadakan Istighosah yang tentunya tetap menggunakan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan menjaga jarak. Acara istighosah dimulai dengan pembacaan ma’tsurat oleh pimpinan pondok pesantren, para ustadz, santriwan dan santriwati. Setelah menyelesaikan pembacaan Ma’tsurat, seluruh peserta Istighosah secara bersama-sama memanjatkan doa yang dipimpin oleh ustadz Suryani Jiddy, Lc. agar wabah COVID-19 ini segera di angkat dari negeri ini, dan Indonesia selalu diberi keberkahan dan keselamatan, serta para pemimpin negeri ini diberi hidayah dan di bimbing dalam menjalankan amanahnya memimpin negeri ini.

Acara Istighosah ini ditutup dengan penampilan pidato serta pembacaan puisi dari perwakilan para santri. Adapun penampilan pidato diwakili oleh saudara Miftahul Karim. Dalam penyampaiannya, Saudara Miftahul Karim berharap agar pandemi Covid-19 segera di angkat dari negeri ini, sehingga kehidupan berjalan kembali normal seperti biasa. Selanjutnya pembacaan puisi oleh saudari Fitriani dengan mengangkat tema Corona.

Adapun hari santri telah diperingati setiap tahun dimulai dari tahun 2015, sehingga pada tahun ini pondok pesantren Al Amin telah melakukan peringatan hari santri yang ke-5. Adapun tujuan dari peringatan hari santri ini adalah sebagai pengingat dan untuk meneladani semangat jihad para santri dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan oleh para ulama. Tanggal 22 Oktober juga merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan resolusi jihad yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s